Peringatan Dini BMKG Kamis, 25 November 2021: Jakarta Hingga Aceh Berpotensi Dibanjiri Hujan Deras

TRIBUNNEWS.COM – Sejumlah wilayah di Indonesia diperkirakan akan mengalami cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang, Kamis (25/11/2021).

Hal itu berdasarkan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sebagai contoh, wilayah seperti Jakarta hingga Aceh diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem.

Cuaca ekstrim di tanah air merupakan dampak tidak langsung dari Siklon Tropis Padi.

Dilaporkan web.meteo.bmkg.go.id, Ex-Tropical Cyclone “PADDY” masih terpantau di Samudera Hindia selatan Banten dengan kecepatan angin maksimum berangsur-angsur melemah bergerak ke arah barat menjauhi wilayah Indonesia.

Baca juga: Siklon Sawah Diperkirakan Mereda Setelah 24 Jam, Ini Dampak Cuaca dan Gelombang Laut di Indonesia

Bibit Siklon Tropis 91S terpantau di Samudera Hindia barat daya Sumatera yang membentuk daerah konvergensi yang membentang melintasi Samudra Hindia barat daya Sumatera.

Potensi dalam 24 jam ke depan untuk menjadi siklon tropis rendah.

Sirkulasi siklonik terpantau di Laut Natuna dan di perairan utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan memperlambat kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Kalimantan Barat, di Kalimantan Utara dan di Laut Natuna serta daerah pertemuan angin (confluence) ditemukan di perairan utara Halmahera.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah pemijahan siklon tropis, sirkulasi siklon dan di sepanjang daerah konvergensi/pertemuan.

The post Peringatan Dini BMKG Kamis, 25 November 2021: Jakarta Hingga Aceh Berpotensi Dibanjiri Hujan Deras appeared first on SharingMedia.co.

Gulir ke Atas